Cara Membuat Resep Rujak Kuah Pindang Gula Buah Khas Bali

Resep Rujak Kuah Pindang Gula Buah Khas Bali Sensasional dan Cara Membuatnya. Sampai juga di even bergengsi cooking bulan Mei yang digawangi oleh Jeng Elsye. Kalau teman-teman ikutan masih ada waktu sampai pendaftaran ditutup oleh beliau. Even kali ini temanya juga keren dan banget banget yaitu makanan dan minuman favoritmu. Kalau ngomongin masalah makanan dan minuman favorit kebetulan aku punya banyak banget resep masakan dan resep minuman favoritku. Tetapi untuk event ini aku pengen mengeluarkan menu favoritku yang ini soalnya yang ini sedikit beda dan kontroversial dari yang lainnya. Namanya resep rujak kuah pindang. Sebenarnya resep rujak buah ini berasal dari pulau Bali yang surganya laut dan wisatawan. tetapi karena rasanya unik dan enak banget makanya resep rujak ini menjadi kegemaranku.

Kenapa bisa dibilang kontroversial, kan cuma resep rujak buah aja. Tapi yang resep rujak kuah pindang gula ini rada lain dan khas ala Bali. Kata orang ini jenis makanan yang either kamu suka banget atau benci banget. Biasanya yang suka sama rujak buah ini cuma orang dan warga Bali asli saj. Tetapi walaupun aku sebenarnya bukan orang Bali asli tetapi aku besar di Bali dari umur 5 tahun sampai 25 thn. Jadi aku anggap aja aku juga termasuk orang Balilah. Makanya aku juga menyukai rujak buah dengan rebusan ikan pindang ini.

Yang aneh bahkan ibuku pun amit amit deh katanya sama rujak buah jenis ini. Memang ada apa sih dengan rujak kuah pindang satu ini? Soalnya kuahnya itu lho dibuat dari kuah rebusan ikan pindang. Thau sendiri kan kuah rebusan ikan pindang itu baunya agak menyengat dengan rasa dan aroma yang khas banget. Tapi walaupun begitu menurut aku setelah dicampur dengan bumbu rujak yang lainnya, sensasi dan citarasa perpaduan resep rujak kuah pindang ini rasanya tiada duanya deh. Rasa asem, asin, pedas, manis semuanya campur menjadi satu citarasa yang sensasional banget.

Walaupun enggak semua orang suka, tetapi wajib dicoba lho. Kamu harus coba sendiri untuk mengetahui apakah resep rujak buah ini bakal jadi favoritmu atau enggak. Kalau buat aku sih resep rujak kuah pindang ini favoritku banget. Air rebusan ikan pindang bisa dibeli secara mudah di Bali tapi buat kita2 yang susah belinya, seperti aku nih juga bisa buat sendiri gampang kok. Yuk kita coba buat, bahan dan cara membuat rujak kuah pindang gula khas Bali ini ada dibawah ya.resep rujak kuah pindang

Bahan Untuk Membuat Air Rebusan Ikan Pindang

  • 500 gram Ikan kembung (Indian Mackerel atau jenis Mackerel yang lain juga boleh).
  • 5 sendok makan garam butiran kasar.
  • 2 sendok makan asam jawa.
  • 4 siung bawang putih.
  • 1.5 liter air.

Cara Membuat Kuah Pindang

  1. Rebus semua bahan sampai ikan matang kemudian dinginkan air rebusannya sebelum digunakan.
  2. Sisa ikannya rebusannya bisa digoreng untuk lauk pauk sehari-hari.

Bahan Rujak Kuah Pindang

  • Buah buahan segar yang jadi favoritmu seperti mangga, nanas, timun, bengukuang, jambu air dll. Di Bali sendiri rujak kuah pindang gula ini lumrahnya memakai mangga muda yang masih mengkal. Tapi kalau susah nyarinya bisa diganti dengan buah lain sesuai selera.
  • 3 cabe merah kecil (tau lebih sesuai selera).
  • 1/2 sdt terasi bakar.
  • 1 sdm gula merah.
  • 150 ml air rebusan ikan pindang.

Cara Membuat Rujak Buah Kuah Pindang

  1. Pertama kupas dan iris iris buah sesuai selera.
  2. Ulek jadi satu bahan diatas seperti terasi, gula merah dan cabe.
  3. Masukkan air rebusan ikan pindang, aduk rata.
  4. Siramkan diatas irisan buah dan rujak buah pindang khas Bali siap disajikan.

Gampang dan mudah bukan cara membuat rujak kuah pindang gula khas Bali ini. Rasanya mantap dan sensasinya beda dengan resep rujak buah yang lainnya bukan. Selain dimakan langsung, resep rujak kuah pindang ini mantap juga lho dimakan pakai kerupuk. Untuk ide resep unik dan enak lainnya, silahkan coba resep pepes tempe dan resep puding coklat lembut dan enak.

Iklan

Resep Pepes Tempe Seafood Enak dan Praktis

Cara Membuat Resep Pepes Tempe Seafood Praktis dan Sederhana Dengan Bumbu Spesial. Sudah lama sibuk dan banyak pekerjaan di rumah sehingga tidak update blog kesayanganku ini. Dan sepertinya teman teman blogger food yang lain juga gitu ya atau cuma saya aja nih. Tapi sekali nengok kok dah berubah ya. Oke untuk mengikuti perkembangan teman-teman, kali ini saya akan posting satu resep pepes yang murah dan sederhana tetapi mantab sekali rasanya. Namanya resep masakan pepes tempe dengan seafood ala aku sendiri. Bahan resep tempe ini sederhana dan cara membuat pepes tempe seafoodnya juga simpel alias tidak ribet.

Makanya aku pasti usahain ikutan event2 yang ada di klub klub masak yang aku ikuti. Nah kebetulan resep pepes tempe seafood ini juga aku ikutkan dalam event resep masakan asli Indonesia. Dan aku milih menyajikan tempe, menu sederhana yang sehat dan bergizi bagi yang berada di Indonesia tapi menu yang istimewa bagi aku (dan pasti teman teman yang ada di luar Indonesia lainnya juga) yang berada di luar Indonesia. Maklumlah cari jenis bahan makanan tradisional asli Indonesia ini sangat susah sekali dan jarang ada yang menjualnya.resep pepes tempe

Resep pepes tempe seafood yang akan kita masak hari ini aku buat sedikit beda. Yang pasti beda sekali dengan resep masakan pepes tempe yang pada umumnya. Dengan ditambah sedikit sentuhan bumbu dan bahan seafood segar untuk variasi, citarasa resep masakan sederhana ini benar-benar berubah. Tidak kelihatan rasa tempenya sehingga lebih esklusif dan lebih lezat rasanya. Bahan resep pepes beserta cara membuat pepes tempe dengan seafood ada di bawah ya.

Bahan resep pepes tempe dengan seafood

  • bahan utama 400 gr (1 blok) tempe, dikukus atau digoreng setengah matang, haluskan.
  • 1 genggam seafood segar, bisa menggunakan kerang, udang, cumi cumi sesuai selera.
  • 1 butir telor dikocok lepas.
  • 50 ml santan kental.
  • 2 buah cabai merah yang diiris tipis.
  • 1 genggan daun kemangi.
  • 4 butir bawang merah yang diiris tipis.
  • 1 batang daun bawang dipotong 1/2 cm.
  • 1 sdt garam dapur atau sesuai selera.
  • 10 buah cabe rawit merah atau sesuai selera.
  • Sejumput gula atau sesuai selera.
  • Daun pisang untuk membungkus.
  • 10 lbr daun salam.
  • 2 sdm minyak sayur.

Bumbu pepes tempe halus

  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 1 cm kunyit bakar.

Cara membuat pepes tempe seafood rumahan

  1. Pertama siapkan kompor dan tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Selanjutnya angkat dan tambahkan bahan lain seperti garam dan gula pasir lalu aduk sampai rata.
  3. Aduk rata tempe. seafood, santan kental, telor kocok, cabai merah iris. bawang merah iris, daun bawang, kemangi dan tumisan bumbu halus.
  4. Ambil daun pisang, beri selembar daun salam diatasnya.
  5. Beri adonan dan cabai rawit merah. Bungkus pepes dan sematkan dengan lidi.
  6. Kukus bahan pepes tempe tadi 30 menit sampai matang.
  7. Setelah matang kemudian angkat dan bakar sebentar sampai harum.

Mudah dan praktis bukan cara membuat pepes tempe seafood yang aku berikan tadi. Walaupun terbuat dari tempe, resep pepes tempe seafood tadi kelihatan lebih menarik dan lebih lezat bukan. Jangan lupa silahkan coba juga juga resep brownies kukus dan cara membuat rempeyek jagung super renyah.

Cara Membuat Resep Rempeyek Jagung Muda Renyah dan Enak

Cara Membuat Resep Rempeyek Jagung Muda Renyah dan Enak – Ceritanya begini dulu waktu masih muda belia saat masih kos dan tinggal di Lampung, aku tuh paling doyan makan perkedel jagung buatan ibu kostku. Salahnya aku, dulu enggak memperhatikan atau cari tau bahan bahannya apa saja dan cara membuat rempeyek tersebut. Tahunya tinggal makan saja bersama teman-teman satu kost. Nah sekarang ingat nostalgia tersebut dan bingung gimana caranya membuat rempeyek jagung atau dulu ditempatku orang juga menyebutnya peyek jagung muda. Rempeyek jagung ini rasanya enak, manis dan renyah sekali. Pas banget untuk cemilan saat bengong atau buat lauk bersmaa dengan nasi putih dan sayur juga oke banget lho.

Mungkin banyak yang bingung atau salah pengertian mengenai rempeyek jagung dengan perkedel jagung. Bentuknya saja beda walaupun bahan dan cara membuat resep masakan jagung tersebut hampir sama. Ternyata beda lho, ya namanya saja sudah beda. Rempeyek jagung dengan perkedel jagung. Kalau resep rempeyek jagung ini pakai tepung beras, dulu seingatku perkedel jagung pakai tepung roti. Walaupun beda tetapi rasanya tetap enak dan renyah sekali. Bahkan suami sampai minta bikinin terus buat cemilan nonton sepak bola.

Karena ingat memori itu dan sudah gak sabar lagi ingin menikmati renyahnya rempeyek jagung muda itu aku coba cari-cari. Setelah browsing enggak ketemu akhirnya dapat juga resep cara membuat rempeyek jagung di salah satu tabloid masakan. Kebetulan ada resep di tabloid tersebut mengenai resep peyek jagung atau rempeyek jagung lengkap dengan bahan bahannya. Karena sudah kebelet dan ngidam, akhirnya aku mencoba membuat rempeyek jagung ini di sabtu sore.

resep-rempeyek-jagung

Resep rempeyek Jagung

 

Bahan Untuk Membuat Cara Membuat Resep Rempeyek Jagung Muda

  1. 5 buah jagung manis ukuran sedang besar.
  2. 400 gram tepung beras yang sudah diayak halus. Tidak diayak juga boleh.
  3. 2 batang daun bawang.
  4. 5 tangkai seledri.
  5. 2 buah wortel dengan berat kurang lebih 100 gram (kalau mau tambahkan kacang panjang juga boleh).
  6. 2 butir telur ayam atau juga bisa menggunakan telur bebek.
  7. 200 ml air bersih.
  8. Minyak goreng untuk menggoreng rempeyeknya secukupnya.

Bumbu Rempeyek Jagung Yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah.
  2. 5 siung bawang putih.
  3. 1 sendok teh merica.
  4. 7 butir kemiri.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya.

Cara Membuat Rempeyek Jagung Muda supaya Renyah, Empuk dan Enak

  1. Pertama Jagung manis tadi disisir dari batangnya dan ditumbuk kasar semuanya.
  2. Setelah itu Wortel diparut kasar. Kacang panjang diiris kasar juga kalau suka.
  3. Lalu Daun bawang yang sudah dicuci bersih dan seledri diiris iris kasar.
  4. Telur ayam atau bebek kocok lepas ditempat beda.
  5. Setelah itu campurkan semua bahan diatas dengan bumbu halus rempeyeknya, kecuali tentu saja minyak gorengnya.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak gorengnya sampai panas.
  7. Ambil adonan dan sendokkan adonan di sisi penggorengan. Ulangi sampai sisi wajan penuh.
  8. Masak dan goreng sampai matang. Ulangi sampai semua adonan rempek atau peyek jagungnya habis.

Setelah semua rempeyek jagung mudanya selesai digoreng berikutnya tiriskan dahulu ya sampai sisa minyaknya habis.Setelah itu bisa langsung dimakan atau disajikan dengan cabe rawit atau sambal botol. Buat lauk makan nasi juga enak lho resep rempeyek jagung muda diatas. Untuk yang ingin coba resep masakan lainnya, silahkan coba resep ayam goreng mentega atau cara membuat brownies kukus anti bantat.

Resep Mie Ayam Kecap Rumahan Enak Sederhana

Resep Mie Ayam Kecap Spesial dan Cara Memasaknya Mudah dan Sederhana. Anak-anak dan suami mau makan mie ayam tapi lagi malas banget keluar rumah. Akhirnya punya ide untuk membuat resep mie ayam sendiri di rumah tapi juga lagi malas buat yg rumit rumit. Tetapi karena anak-anak pada protes semua, akhirnya dengan berat hati buat juga mie ayam yang gampang dan mudah saja. Karena resep mie yang biasaanya aku buat butuh banyak bahan dan bumbu mie ayamnya, akhirnya aku modifikasi saja. Disesuaikan dengan stok bahan dan mie yang ada di rumah. Yang penting pas bumbu bawang dan bumbu mie ayam lainnya.

Setelah melihat stok bahan di rumah, alhamdulillah ternyata masih ada beberapa potong pentol bakso yang kemarin buat sendiri. Masih ada juga beberapa tulang ayam untuk dibuat kuah mie ayamnya. Sayuran sawi dan bayam juga masih ada beberapa potong. Sebenarnya resep mie ayam kecap ini buat nya asal asalan tetapi ternyata komentar anak-anak enak juga katanya. Alhamdulillah, setelah sebelumnya malas, tetapi kalau mereka suka akhirnya jadi senang juga dan jadi resep masakan sederhana andalan yang baru. Komposisi bahan dan bumbu mie ayam dibawah sesuaikan saja dengan selera masing-masing ya. Aku soalnya gak pakai takaran.resep-mie-ayam

Bahan-bahan Resep Mie Ayam Kecap Rumahan Sederhana

  1. Mie keriting.
  2. Kulit ayam (Minyak ayam).
  3. Beberapa potong atau butir Bawang putih iris (Minyak ayam).

Bahan Untuk membuat Kuah Mie Ayamnya :

  1. Air bersih secukupnya.
  2. 2 bawang putih ukuran sedang. Kupas lalu geprek atau memarkan.
  3. Garam dapur beryodium secukupnya.
  4. Lada bubuk secukupnya.
  5. Sayuran Sawi segar atau bisa juga pakai bayam beberapa potong.
  6. Tulang ayam ( kulit ayam dan daging ayamnya dipakai untuk minyak ayam dan ayam kecapnya).
  7. Pentol Bakso sapi buatan sendiri beberapa pcs.

Bahan Untuk Membuat Ayam Kecap nya :

  1. Dada ayam segar dicuci bersih kemudian potong dadu kecil.
  2. Bawang putih secukupnya lalu geprek.
  3. Kecap manis kental secukupnya sesuai selera.
  4. Daun bawang rajang secukupnya.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya.
  6. Lada putih halus secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Mie Ayam Kecap Sederhana dan Mudah

  1. Pertama hidupkan kompor dan panaskan pan kemudian tumis bawang putih dan kulit ayam sampai tercium harum dan keluar minyak kemudian sisihkan.
  2. Berikutnya siapkan wajan dan rebus air secukupnya.
  3. Setelah mendidih masukkan bawang putih keprek bersama dengan tulang ayam, garam dapur, lada bubuk, pentol bakso kemduain aduk-aduk sampai rata.
  4. Setelah beberapa saat masukkan potong sayurna sawi atau bayamnya kemudian angkat.
  5. Sekarang kita buat ayam kecapnya. Tumis bawang putih bersama dengan potongan dadu ayamnyalalu aduk-aduk.
  6. Kalau sudah tercium wangi dan semua bahan matang, lalu tuang dan beri kecap manis agak banyakan bersama dengan garam dapur dan lada halus.
  7. Setelah itu masukkan rajangan daun bawang keatas wajan diatas dan campur rata. Masak beberapa saat dan biarkan kuah mengental kemudian angkat.
  8. Setelah semua selesai rebus mie keritingnya sampai lunak kemudian saring dari air rebusannya.
  9. Setelah itu campur dan masukkan kedalam minyak ayam dan aduk-aduk sampai rata.

Setelah semua bahan resep mie ayam kecap nya selesai lalu sajikan mie di alam mangkuk. Setelah itu beri bagian atasnya dengan topping ayam kecap, beberapa bakso dan beberapa lembar sayuran bayam atau sawi. Setelah itu untuk pelengkapnya beri taburan bawang goreng diatasnya. Untuk kuah mie ayam nya bisa disajikan di mangkuk kecil terpisah. Supaya lebih nikmat beri beberpa tetes saus sambal dan kecap manis kalau suka. Cukup mudah bukan cara membuat resep mie ayam kecap rumahan di atas. Untu ide resep masakan lainnya, silahkan coba Resep Brownies Kukus atau Resep Ayam Mentega Kecapnya.

Resep Cara Membuat Nasi Rebus atau Nasi Godog Spesial

Atas permintaan khalayak teman-teman pelanggan setia kisah mayang, maka kali ini saya berikan resep nasi spesial, yaitu nasi rebus atau nasi godog. Ceritanya setelah saya mencicipi Nasi Rebus di KG beberapa waktu yang lalu dan ternyata kok enak. Akhirnya pas minggu ini iseng saya coba eksekusi resep sega godog ini di dapur rumah. Walau tidak pakai telur rebus atau endhog enthog.

Untuk membuat resep nasi rebus ini aku pakai bahan seadanya yang ada di rumah. Karena itu saya cuma pakai sayur yang ada cuma sawi putih (pekcai) dan kol kembang. Selain itu aku juga pakai sayuran lain, seperti bawang daun dan tomat dan bawang Mumbay. Untuk tambahan gizinya aku pakai daging ayam kecap left over dan ditambah dengan beberapa potong sosis ayam. Untuk bumbu yang utama dari nasi rebus atau sego godog ini ada ‘my secret ingredient’ ex Filipino punya.

Untuk membuat nasi rebus ini prinsipnya utamanya hampir sama seperti anda membuat nasi goreng biasanya di rumah. Yang beda hanya sebelum nasi dimasukkan, racikan sayur dan daging disiram air terlebih dahulu. Setelah itu dibiarkan mendidih dulu, baru kemudian masukkan nasi-nya dan aduk-aduk dengan bumbu resep nasi rebus lain sebentar sampai tercampur rata. Buat yang penasaran, silahkan coba resep nasi godog ini dengan bumbu spesial di rumah ya.resep-nasi-rebus

Bahan-bahan resep nasi rebus atau sego godog

– Nasi putih (tidak usah pakai nasi yang kemarin) sekitar 200-250 gram
– Telur ayam 1-2 butir
– Daging ayam (boleh tidak pakai)
– Sosis ayam atau sosi daging beberapa potong sesuai selera.
– Sawi putih (pekcai) selembar (boleh diganti juga pakai sayuran kol/kubis dan caisim)
– Bawang daun sebatang
– Bawang Mumbai kecil/sedang 1 buah
– Tomat ukuran sedang 1 buah
– Cabe merah besar 1 buah (boleh tambah sambal terasi/botol kalau suka pedas)
– Bawang putih 3-4 siung
– “My secret ingredient” 1 sendok teh (boleh pake terasi)
– Kecap manis, kecap ikan, kecap asin, garam, lada
– Kondimen: brambang goreng, kerupuk kampung atau kerupuk ikan

Cara Membuat nasi rebus atau nasi godog spesial

– Bawang putih dikeprek, rajang halus atau kasar sesuai selera ajah
– Bawang Mumbai diiris cincin
– Tomat, sawi, kol kembang dipotong-potong
– Cabe merah dan bawang daun dirajang kasar
– Sosis ayam atau sosi daging sapinya diiris, ayam left over disuwir-suwir (lapchong tidak perlu dikukus/microwave dulu, sebab akan direbus nantinya)
– Panaskan wajan, masukkan minyak
– Masukkan bawang putih, oseng-oseng sebentar
– Masukkan daging ayam, lapchong/susis, tumis-tumis
– Masukkan telur, orak-arik
– Masukkan cabe, bawang Mumbai, sawi, kol kembang dan tomat
– Tumis-tumis semua bahan, masukkan my secret ingredient/terasi
– Guyuri air matang secukupnya, biarkan sampai mendidih
– Kecapi, ladai, garami
– Masukkan bawang daun terakhir, lantas nasi putih
– Aduk-aduk sebentar, lantas biarkan sebentar.
– Angkat dan hidangkan segera
– Taburi lada hitam dan brambang goreng sebagai topping
– Kucuri kerupuk kampung/kerupuk ikan dengan kecap manis
– Makan selagi hangat dan segera setelah diangkat
Kalau masalah citarasa, rasanya tentu saja nasi godog ini enaksekali. Lha kalau enggak enak, siapa lagi yang muji masakan sendiri ini kan. Resep nasi rebus ini cocok sekali dimakan pada pagi yang sejuk bikin keringatan punya sesudah makannya. Kalu tidka pagi, malam saat cuaca dingin juga enak kok. Terserah saja mau dimakannya kapan, yang penting tetap enak. Untuk ide resep masakan sederhana lainnya, sialhkan mencoba Resep Ayam Mentega dan Resep Puding Coklat Spesial.

Resep Cara Membuat Pepes Ayam Kemangi Enak Sederhana

Resep pepes ayam ini sebenarnya bukan dari aku. Aku dapet resep pepes dengan campuran daging ayam dan daun kemangin ini ceritanya dari mertuanya kakakku yang pertama. Waktu itu beliau masak resep masakan enak dan aku maem beliau bikin isinya jeroan ayam (ati+ampla kadang ada ususnya). Disantap bersama dengan plus nasi putih memang mantap sekali rasanya. Gurih dan lezat lah pokonya. Resep yang selalu jadi favorit kalo ada acara keluarga ini memang paling jos kalau disantap rame-rame. Apalagi cara membuat pepes ini juga tidak terlalu sulit. Bumbu pepesnya juga gampang kok dibuat sendiri di rumah.

Pepes ayam memang menggunakan bumbu pepes yang umum ditambah dengan potongan daun kemangi. Biar harum dan lebih sedaplah rasanya. Tidak beda jauh lah dengan pepes tahu atau pepes ikan yang memang lebih umum dan banyak dimasak di rumah. Tetapi resep pepes ayam ini rasanya sangat unik karena dimakan bersama dengan nasi bawang yang lezat. Kedua resep tadi kan rasanya gurih. Jadi perpaduan pepes ayam ala mertua kakan dengan resep nasi bawang memang sangat mantap. Kali ini aku pakai ukurannya agak kira-kira ya. Disesuaikan saja nanti dengan selera masing-masing di rumah. Yuk cek resep dan bahan bumbu pepes ayam nya dibawah ini.

resep-pepes-ayam

resep pepes ayam kemangi

 

Bahan-bahan Resep Pepes Ayam Kemangi

  1. Daging ayam secukupnya. Kemarin aku pakai dada ayam filet atau tanpa tulang ditambah dengan jeroan ayam yang dicuci bersih lalu potong-potong sesuai selera.
  2. Daun kemangi segar lalu siangi cuci dengan air bersih mengalir.
  3. Buah tomat secukupnya lalu dicuci dan diiris-iris.
  4. Daun jeruk beberapa lembar lalu cuci bersih, buang tulangnya kemudian iris halus.
  5. Batang serai lalu memarkan dan geprek dipotong2 agak panjang.
  6. Bawang merah secukupnya kemudian dirajang halus (agak banyak ya).
  7. Buah cabai merah beberapa buah, cuci lalu dirajang kasar.
  8. Batang lengkuas muda secukupnya kemudian diparut.
  9. Daun pisang untuk membungkus.
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bumbu Pepes Ayam Yang Dihaluskan

  1. Kunyit secukupnya.
  2. Jahe secukupnya.
  3. Bawang putih secukupnya.
  4. Kemiri secukupnya.
  5. Garam dapur secukupnya.

Cara Membuat Pepes Ayam Daun Kemangi

  1. Pertama tumis bawang merah sampe harum.
  2. Selanjutnya masukan bumbu pepes yang sudah halus lalu tumis sampai keluar bau wangi.
  3. Setelah itu masukkan potongan daging ayam dan jeroan ayam lalu tomat, daun kemangi dan bahan lainnya.
  4. Masak sambil sesekali diaduk sampi setengah matang.
  5. Selanjutnya bungkus dalam daun pisang sampai habis.
  6. Lalu kukus pepes sampai matang.
  7. Setelah matang bisa dibakar dulu atau bisa juga disajikan langsung untuk santapan.
  8. Jika mau dan akan ditambah nasi di pepesannya sebaiknya gunakan nasi setengah matang (sudah diaron) dalam bungkusan pepes.

Bahan Resep Nasi Bawang :

  • Siapkan rajangan bawang merah dan bawang putih secukupnya.
  • Parutan kulit jeruk purut.
  • Minyak zaitun secukupnya.
  • Caranya membuatnya :
  • Tumis bawang sampai harum dengan minyak zaitun kemudian sisihkan.
  • Lalu cuci beras sampai bersih kemudian campurkan tumisan bawang dan parutan kulit jeruk, beri sedikit garam secukupnya.
  • Selanjutnya masak nasi seperti biasa (aku pake rice cooker) sampai matang.

Selesai sudah resep pepes ayam kemangi dan nasi bawangnya. Walaupun ukuran dan takarannya hanya kira-kira, tetapi hasilnya nasi yang harum mewangi. Rasa pepes ayam nya juga mantap dan enak sekali. Terasa bumbu pepes nya sampai di dalam daging ayamnya. Jangan lupa coba resep masakan mayang lainnya, ya, seperti resep ayam mentega dan resep brownies kukus coklat nya.

Resep Ayam Mentega Mudah Tetapi Mantap

Hidangan resep masakan ayam mentega bawang bombay ini enak rasanya dan yang paling penting mudah cara pembuatannya. Karena bahan-bahan dan bumbu ayam mentega ini bisa dibilangat sangat sedikit sehingga lebih praktis daripada resep ayam lainnya. Tampilannya sih mirip dengan ayam kecap tetapi cara membuat ayam mentega ini juga sangat mudah dan tidak perlu waktu lama sehinga pas sekali untuk ibu-ibu dan termasuk saya sendiri yg bekerja. Jangan malu-malu sok dicoba dirumah untuk masakan orang rumah.resep-ayam-mentega

Resep ayam mentega ini aku buat setelah melihat hidangan serupa di rumah makan langganan. saat itu ada keluarga yang memesan resep ayam mentega. Dari tampilannya kok kayaknya simpel dan sederhana bangate ya. Tetapi setelah mencobanya, mantap sekali. Perpaduan bawang bombay dan menteganya ternyata benar-benar mantap dan sedap dikombinasikan dengan daging ayam. Setelah sampai rumah sampai kepikiran apa ya kira-kira bumbunya. Besoknya langsung diracik dengan mengira-ngira saja. Setekah jadi ternyata pas juga dan tidak kalah dengan resep masakan ayam mentega yang kemarin beli di resturan. Yuk yang ingin mencobanya, resep dan cara membuat ayam mentega spesialnya dibawah ya.

Bahan-bahan Resep Ayam Mentega

  1. 1 ekor ayam segar ukuran sedang, cuci bersih kemudian potong 12 atau sesuai selera.
  2. Mentega yang bagus secukupnya untuk tumisan.
  3. Bawang bombay secukupnya. Iris-iris tipis ya.
  4. Daun Salam secukupnya.
  5. Daun jeruk secukupnya.
  6. Saus teriyaki saori.
  7. Kecap manis kental secukupya kira-kira sesuai selera.
  8. Perasan air jeruk/cuka untuk merendam ayam.
  9. Minyak goreng secukupnya.

Bahan Bumbu Halus Ayam Mentega
Jahe ukuran sedang secukupnya
3 butir bawang putih ukuran sedang
4 butir kemiri

Cara Membuat Resep Ayam Mentega Mudah Dan Sederhana

  1. Pertama-tama bersihkan dan cuci daging ayam terlebih dahulu sampai bersih.
  2. Setelah itu terus rendam daging ayamnya dengan perasan air jeruk / cuka beberepa menit. Ini untuk menghilangkan bau amis ayam dan juga lendir ayamnya.
  3. Sebelum menumis bawang bombay dan bumbu halusnya, goreng dulu ayam yg sudah direndam dan telah bersih diatas sebentar aja.
  4. Siapkan wajan dengan api sedang kemudian goreng ayam kira-kira 5 menitan deh lalu tiriskan.
  5. Setelah itu masukkan dan tumis bawang bombay hingga harum.
  6. Setelah itu masukkan bumbu halus keddalam wajan kemudian aduk-aduk.
  7. Masukkan daging ayam yg telah digoreng sebelumnya kedalam tumisan diatas lalu aduk2 hingga rata.
  8. Masukkan dan tambahkan dengan saos teriyaki dari Saori dan kecap manis kental secukupnya untuk menambah rasa.
  9. Tuang juga sedikit air secukupnya. Jangan terlalu banyak airnya.
  10. Biarkan dan aduk-aduk hingga bumbu menteganya meresap hingga ke dalam daging ayam. Kurang lebih masak sampai 10 menit lah
  11. Tes rasa dan tambahkan bahan lain kalau perlu.
  12. Setelah selesai angkat kemudian atur di piring yg cantik ya. Supaya lebih mantap bisa ditambah dengan taburan bawang goreng.

Setelah matang angkat dan tuang di piring sajian ya. Supaya lebih cantik kasih beberapa irisan tomat dan timun segar di pinggir piring supaya menambah selera. Tidak sulit bukan cara membuat ayam goreng mentega seperti resepku diatas. Resep ayam goreng mentega diatas sekali kalai kita lagi malas masak tetapi juga lagi malas beli masakan di luar rumah. Kalau mau yang versi lengkap silahkan mencoba Resep Ayam Saus Mentega atau Resep Tofu udang.