Resep Cantik Manis Hijau Kue Basah Tradisional

Resep Cantik Manis Hijau, Resep Kue Basah Tradisional Yang Mnais, Legit dan Empuk Serta Mudah Cara Membuatnya. Baru tahu kalo ternyata salah satu kue tradisional jajan pasar kegemaran eyang putri saya itu namanya centik manis atau bisa disebut juga kue cantik manis hijau. Sempat beberapa kali waktu ke toko kue Le Gourmet, mama beliin kue basah yang enak dan lezat ini buat eyang putri kesayangaan kami sekeluarga. Setelah sampai di rumah ternyata beliau senang banget sekali begitu mengetahui ada kue basah satu ini. Padahal kelihatan dari tampilan luarnya sih cara membuat resep kue cantik manis hijau ini cukup mudah dan gampang.

Eyang memang suka sekali dengan resep kue basah satu ini. Terus makannya sepertinya enak banget dan di-eman-emaaan atau pelan-pelan gitu. Jadi terharu melihatnya dan akhirnya berjanji dalah hati kalau mau membuatkan resep cantik manis hijau ini sendiri di rumah. Waktu kemarin lagi belanja ke supermarket dekat rumah bareng mama sama eyang putri, enggak sengaja lihat ada pacar cina. Akhirnya jadi teringat sama kue jajan pasar tradisional kegemaran eyang itu. Akhirnya jadi kepingin bikin resep kue cantik manis sendiri deh di rumah dan beli pacar cina tadi.

Setelah sampai rumah terus browsing resep cantik manis hijau ini di internet. Wah ternyata banyak bertaburan dimana-mana aneka resep kue basah satu ini. Liat bahan-bahan yang dibutuhkan dan wah ternyata pakai tepung hungkwe untuk membuatnya. Kebetulan sekali masih punya sisa tepung hungkwe di rumah dan bingung sebelumnya mau dibikin apa. Cocok deh kalau begitu. Karena ternyata tepung hungkwe-nya ditimbang cuman ada 50 gr, jadi resep kue cantik manis nya juga aku sesuaikan komposisi bahan lainnya.

Daripada berlama-lama yuk kita coba bikin resep kue cantik manis hiaju spesial menggunakan resep kue basah rahasia eyang putri ku ini. Bahan untuk membuat resep cantik manis ini simpel dan mudah dibeli kok. Harga bahan untuk membuatnya juga sangat terjangkau alias murah meriah. Yang paling penting buat ku sih cara membuat kue cantik manis hijau ini sangat mudah. Tinggal mencampur bahan-bahan yang sudah disiapkan, jadilah kue basah tradisional yang lezat dan enak. Langsung kebawah ya teman teman detail bahan dan resepnya.

resep cantik manis hijau

resep cantik manis hijau enak

Bahan untuk membuat resep cantik manis hijau

  1. 35 gram pacar cina atau juga bisa memakai tapioca pearl.
  2. 2 lembar daun pandan untuk warna hijaunya.
  3. 550 ml santan yang berasal dari 1 butir kelapa (atau 100 ml Kara + 450 ml air).
  4. 80 gr gula pasir (saya tambahin gulanya supaya lebih manis dan enak).
  5. 50 gr tepung hungkwe.
  6. 1/2 sdt garam atau sesuai selera.

Cara Membuat Cantik Manis Hijau Mudah dan Sederhana

  1. Pertama rebus pacar cina dalam air mendidih hingga matang dan bening.
  2. Setelah itu angkat. Saring dan masukkan ke dalam wadah berisi air dingin. Tiriskan pacan cina dan sisihkan.
  3. Setelah itu rebus santan bersama dengan gula pasir, tepung hungkwe, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
  4. Tambahkan dan masukkan pacar cina tadi lalu aduk rata.
  5. Setelah rata dan masih dalam keadaan panas kemudian ambil secukupnya dan letakkan ke atas selembar plastik. Jangan lupa beri sepotong kecil daun pandan diatas plastik tersebut.
  6. Setelah itu lipat dan bungkus plastik dengan rapi.
  7. Kalau tidak ada plasti bisa juga menggunakan cetakan dan dituang ke dalam cetakan agar-agar kecil. Terakhir dinginkan kue cantik manis hijau tadi hingga mengeras.

Selesai dan ternyata memang tidak sulit cara membuat kue cantik manis ini. Simpel dan gampang lah pokoknya. Bahan untuk resep cantik manis hijau ini juga udah didapat. Jangan lupa coba resep ku lainnya ya, seperti resep puding coklat atau resep brownies kukus kami.

Iklan

Cara Membuat Resep Rempeyek Jagung Muda Renyah dan Enak

Cara Membuat Resep Rempeyek Jagung Muda Renyah dan Enak – Ceritanya begini dulu waktu masih muda belia saat masih kos dan tinggal di Lampung, aku tuh paling doyan makan perkedel jagung buatan ibu kostku. Salahnya aku, dulu enggak memperhatikan atau cari tau bahan bahannya apa saja dan cara membuat rempeyek tersebut. Tahunya tinggal makan saja bersama teman-teman satu kost. Nah sekarang ingat nostalgia tersebut dan bingung gimana caranya membuat rempeyek jagung atau dulu ditempatku orang juga menyebutnya peyek jagung muda. Rempeyek jagung ini rasanya enak, manis dan renyah sekali. Pas banget untuk cemilan saat bengong atau buat lauk bersmaa dengan nasi putih dan sayur juga oke banget lho.

Mungkin banyak yang bingung atau salah pengertian mengenai rempeyek jagung dengan perkedel jagung. Bentuknya saja beda walaupun bahan dan cara membuat resep masakan jagung tersebut hampir sama. Ternyata beda lho, ya namanya saja sudah beda. Rempeyek jagung dengan perkedel jagung. Kalau resep rempeyek jagung ini pakai tepung beras, dulu seingatku perkedel jagung pakai tepung roti. Walaupun beda tetapi rasanya tetap enak dan renyah sekali. Bahkan suami sampai minta bikinin terus buat cemilan nonton sepak bola.

Karena ingat memori itu dan sudah gak sabar lagi ingin menikmati renyahnya rempeyek jagung muda itu aku coba cari-cari. Setelah browsing enggak ketemu akhirnya dapat juga resep cara membuat rempeyek jagung di salah satu tabloid masakan. Kebetulan ada resep di tabloid tersebut mengenai resep peyek jagung atau rempeyek jagung lengkap dengan bahan bahannya. Karena sudah kebelet dan ngidam, akhirnya aku mencoba membuat rempeyek jagung ini di sabtu sore.

resep-rempeyek-jagung

Resep rempeyek Jagung

 

Bahan Untuk Membuat Cara Membuat Resep Rempeyek Jagung Muda

  1. 5 buah jagung manis ukuran sedang besar.
  2. 400 gram tepung beras yang sudah diayak halus. Tidak diayak juga boleh.
  3. 2 batang daun bawang.
  4. 5 tangkai seledri.
  5. 2 buah wortel dengan berat kurang lebih 100 gram (kalau mau tambahkan kacang panjang juga boleh).
  6. 2 butir telur ayam atau juga bisa menggunakan telur bebek.
  7. 200 ml air bersih.
  8. Minyak goreng untuk menggoreng rempeyeknya secukupnya.

Bumbu Rempeyek Jagung Yang dihaluskan

  1. 6 siung bawang merah.
  2. 5 siung bawang putih.
  3. 1 sendok teh merica.
  4. 7 butir kemiri.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya.

Cara Membuat Rempeyek Jagung Muda supaya Renyah, Empuk dan Enak

  1. Pertama Jagung manis tadi disisir dari batangnya dan ditumbuk kasar semuanya.
  2. Setelah itu Wortel diparut kasar. Kacang panjang diiris kasar juga kalau suka.
  3. Lalu Daun bawang yang sudah dicuci bersih dan seledri diiris iris kasar.
  4. Telur ayam atau bebek kocok lepas ditempat beda.
  5. Setelah itu campurkan semua bahan diatas dengan bumbu halus rempeyeknya, kecuali tentu saja minyak gorengnya.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak gorengnya sampai panas.
  7. Ambil adonan dan sendokkan adonan di sisi penggorengan. Ulangi sampai sisi wajan penuh.
  8. Masak dan goreng sampai matang. Ulangi sampai semua adonan rempek atau peyek jagungnya habis.

Setelah semua rempeyek jagung mudanya selesai digoreng berikutnya tiriskan dahulu ya sampai sisa minyaknya habis.Setelah itu bisa langsung dimakan atau disajikan dengan cabe rawit atau sambal botol. Buat lauk makan nasi juga enak lho resep rempeyek jagung muda diatas. Untuk yang ingin coba resep masakan lainnya, silahkan coba resep ayam goreng mentega atau cara membuat brownies kukus anti bantat.

Resep Cara Membuat Nasi Rebus atau Nasi Godog Spesial

Atas permintaan khalayak teman-teman pelanggan setia kisah mayang, maka kali ini saya berikan resep nasi spesial, yaitu nasi rebus atau nasi godog. Ceritanya setelah saya mencicipi Nasi Rebus di KG beberapa waktu yang lalu dan ternyata kok enak. Akhirnya pas minggu ini iseng saya coba eksekusi resep sega godog ini di dapur rumah. Walau tidak pakai telur rebus atau endhog enthog.

Untuk membuat resep nasi rebus ini aku pakai bahan seadanya yang ada di rumah. Karena itu saya cuma pakai sayur yang ada cuma sawi putih (pekcai) dan kol kembang. Selain itu aku juga pakai sayuran lain, seperti bawang daun dan tomat dan bawang Mumbay. Untuk tambahan gizinya aku pakai daging ayam kecap left over dan ditambah dengan beberapa potong sosis ayam. Untuk bumbu yang utama dari nasi rebus atau sego godog ini ada ‘my secret ingredient’ ex Filipino punya.

Untuk membuat nasi rebus ini prinsipnya utamanya hampir sama seperti anda membuat nasi goreng biasanya di rumah. Yang beda hanya sebelum nasi dimasukkan, racikan sayur dan daging disiram air terlebih dahulu. Setelah itu dibiarkan mendidih dulu, baru kemudian masukkan nasi-nya dan aduk-aduk dengan bumbu resep nasi rebus lain sebentar sampai tercampur rata. Buat yang penasaran, silahkan coba resep nasi godog ini dengan bumbu spesial di rumah ya.resep-nasi-rebus

Bahan-bahan resep nasi rebus atau sego godog

– Nasi putih (tidak usah pakai nasi yang kemarin) sekitar 200-250 gram
– Telur ayam 1-2 butir
– Daging ayam (boleh tidak pakai)
– Sosis ayam atau sosi daging beberapa potong sesuai selera.
– Sawi putih (pekcai) selembar (boleh diganti juga pakai sayuran kol/kubis dan caisim)
– Bawang daun sebatang
– Bawang Mumbai kecil/sedang 1 buah
– Tomat ukuran sedang 1 buah
– Cabe merah besar 1 buah (boleh tambah sambal terasi/botol kalau suka pedas)
– Bawang putih 3-4 siung
– “My secret ingredient” 1 sendok teh (boleh pake terasi)
– Kecap manis, kecap ikan, kecap asin, garam, lada
– Kondimen: brambang goreng, kerupuk kampung atau kerupuk ikan

Cara Membuat nasi rebus atau nasi godog spesial

– Bawang putih dikeprek, rajang halus atau kasar sesuai selera ajah
– Bawang Mumbai diiris cincin
– Tomat, sawi, kol kembang dipotong-potong
– Cabe merah dan bawang daun dirajang kasar
– Sosis ayam atau sosi daging sapinya diiris, ayam left over disuwir-suwir (lapchong tidak perlu dikukus/microwave dulu, sebab akan direbus nantinya)
– Panaskan wajan, masukkan minyak
– Masukkan bawang putih, oseng-oseng sebentar
– Masukkan daging ayam, lapchong/susis, tumis-tumis
– Masukkan telur, orak-arik
– Masukkan cabe, bawang Mumbai, sawi, kol kembang dan tomat
– Tumis-tumis semua bahan, masukkan my secret ingredient/terasi
– Guyuri air matang secukupnya, biarkan sampai mendidih
– Kecapi, ladai, garami
– Masukkan bawang daun terakhir, lantas nasi putih
– Aduk-aduk sebentar, lantas biarkan sebentar.
– Angkat dan hidangkan segera
– Taburi lada hitam dan brambang goreng sebagai topping
– Kucuri kerupuk kampung/kerupuk ikan dengan kecap manis
– Makan selagi hangat dan segera setelah diangkat
Kalau masalah citarasa, rasanya tentu saja nasi godog ini enaksekali. Lha kalau enggak enak, siapa lagi yang muji masakan sendiri ini kan. Resep nasi rebus ini cocok sekali dimakan pada pagi yang sejuk bikin keringatan punya sesudah makannya. Kalu tidka pagi, malam saat cuaca dingin juga enak kok. Terserah saja mau dimakannya kapan, yang penting tetap enak. Untuk ide resep masakan sederhana lainnya, sialhkan mencoba Resep Ayam Mentega dan Resep Puding Coklat Spesial.

Cara Membuat Resep Tofu Udang Spesial

Saya dan keluarga suka sekali dengan berbagai macam resep tofu. Tidak hanya digado, tetapi juga sering menggunakan tofu ke berbagai resep masakan dirumah. Salah satunya seperti ini. Memang ada banya sekali variasi resep olahan tofu sederhana yang bisa kita buat untuk menu masakan di rumah buat anak-anak dan keluarga tercinta. Selain digoreng seperti resep masakan tofu yang saya berikan dibawah, kita juga bisa masak resep sop tofu udang buat teman-teman yang suka dengan masakan berkuah. Atau kita juga bia membuat resep tumis tofu yang tidak kalh enak dan lezatnya.

Resep udang tofu sederhana ini saya sebut juga resep main cemplung, :). Soalnya bahan yang saya gunakan untuk cara membuat udang tofu ini cuma tergantung stock bahan yang ada kulkas dan stok bahan di rak bumbu. Untuk membuat resep ini yang harus diperhatikan adalah cara memasak tofu agar tidak hancur.

Membuat resep masakan tofu memang bisa dibilang susah susah gampang. Kalau tidak berpengalaman, resep tofu udang yang kita buat nanti atau resep olahan tofu lainnya bisa hancur sehingga tampilannya tidak menarik. Untuk itu kita harus sedikit berati-hati ya supaya resep masakan tofu yang kita buat nanti tidak hancur berantakan. Sayang bukan sudah capek-capek memasak tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan.resep-tofu-udang

Bahan Resep Tofu Udang Spesial

  1. 25 udang segar ukuran sedang (jangan terlalu kecil ya. Cuci bersih dengan air dingin kemudian kupas sebagian kulit punggungnya.
  2. 4 butir bawang putih, kupas kemudian iris halus.
  3. ½ bawang bombay, kupas kemudian iris kasar.
  4. 1 cm jahe, cuci bersih kemudian geprek dan memarkan.
  5. 1 cm lengkuas, cuci bersih kemudian geprek dan memarkan.
  6. 2 lembar daun jeruk. Cuci bersih.
  7. 2 buah cabe merah besar, cuci bersih kemudian iris kasar.
  8. 2 buah cabe hijau besar, cuci bersih kemudian iris kasar.
  9. 1 1/2 sendok makan saus tiram.
  10. 1 bungkus tofu yang siap masak, iris dan potong dengan ukuran 0.5 cm.
  11. 5 sdm margarin. Merek sesuai selera masing-masing.
  12. 1 sdm daun basil kemudian cincang kering.
  13. 1 batang daun bawang segar, cuci bersih kemudian iris kasar.
  14. Garam dapur beryodium secukupnya.
  15. Lada bubuk secukupnya.
  16. Cara membuat tofu udang sederhana dan mudah.

– Pertama panaskan margarin sampai cair.
– Setelah itu masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah diiris-iris dan aduk-aduk.
– Setelah keluar bau harum tumisan, tuangkan udang kupas, jahe geprak, lengkuas geprak dan lembaran daun jeruk.
– Masak dan aduk-aduk udang dan bumbu diatas hingga berubah warna.
– Kemudian masukkan buah irisan cabe merah, irisan cabe hijau dan saus tiram. kemudian aduk sampai rata.
– Masukkan tofu potongnya, daun basil kering, irisan daun bawang, secukupnya garam dan secukupnya lada.
– Aduk-aduk dan masak hingga semua bahan matang.
– Tes rasa tofu udangnya kemudian angkat dan siap dihidangkan.

Gimana teman-teman resep tofu udang diatas? Mudah dan cepat bukan cara membuatnya. Buat yang cari desert yang enak, lezat dan mudah cara membuatnya, silahkan mencoba Cara Membuat Puding Coklat Kenyal dan Lezat.

Hidup Adalah Perjalanan

Selamat datang di situs mayang wordpress.com. Disini saya akan menggunakan blog ini sebagai jurnal pribadi mengenai aktivitas sehari-hari. Baik itu di rumah ataupun saat kerja dan aktifitas lainnya. Ada banyak sekali tahapan-tahapan di dalah hidup setiap manusia yang unik, menarik dan mungkin juga bisa berguna untuk dijadikan sebagai bahan renungan ataupun pelajaran buat yang lainnya.

Hidup memang tidak seindah movies ataupun cerita-cerita dongeng yang sering kita baca saat kecil. Tetapi sebagai manusia yang diberi kelebihan yang luar biasa dibandingkan dengan makhluk lain di dunia ini, kita tetap harus menjalani hidup dengan optimis dan semangat luar biasa. Apalagi hidup di dunia ini seperti kita yang sedang dalam perjalanan jauh. Ada satu tempat tujuan akhir yang akan kita tuju, yaitu kampung akhirat.

Placeholder ImageBanyak diantara kita yang sedikit alergi kalau sudah diajak berbicara engenai akhirat. Padahal dihati kecil kita, kita yakin bahwa tempat tujuan akhir tersebut pasti akan kita tuju. Suka atau tidak, kita memang harus mempersiapkan bekal yang cukup untuk mencapainya.

Mencapai tujuan itu memang butuh perjuangan. Tawa, tangis, sedih dan gembira adalah masa-masa yang harus kita lewati dengan ikhlas. Untuk melewati semua fase kehidupan tersebut, kita butuh panduan dan ilmu yang cukup supaya tidak tersesat. Untuk itulah setiap hari kita harus selalu belajar untuk menjadi yang lebih baik.

Hal itu memang tidak semudah kita menulis di blog ini. Tetapi kita tetap harus menghadapinya dengan penuh semangat. Jangan lupa doa nya juga ya. Yang paling penting, berdoa adalah kekuatan dasyat yang sanggung membantu kita melewati semua perjalanan kehidupan ini.