Resep Puding Coklat Dan Tips supaya Lembut

Cara membuat resep puding coklat beserta tipsnya supaya lembut, enak dan lezat. Ada perbedaam pemahaman atau pengertian di negara kita mengenai arti puding sangat berbeda dengan pengertian puding coklat di barat. Sementara itu di resep luar negeri, resep puding hanya mencakup kue seperti ini, tapi jauh lebih ringan dan lebih lembut teksturnya. Di negara kita istilah ” kue puding coklat” biasanya hanya ditujukan kepada pada makanan penutup atau desert yang terbuat dari bubuk agar-agar. Atau kadang-kadang juga bubuk jelly, tapi tetap saja sebagian besar dari tepung jelly tersebut juga agar-agar.

resep-puding-coklatResep puding coklat yang satu ini mempunyai tekstur kenyal dan lembut. Teksturnya ini didapat dari putih telur kocok rata sehingga menimbulkan tekstur lembut kenyal. Untuk menambahkan campuran agar agar yang masih panas kedalam putih telur yang dimixer memang tidak mudah buat yang kurang pengalaman. Teman-teman tidak perlu panik ketika melihat potongan-potongan putih telur nya kelihatannya seperti matang. Cara membuat puding coklat supaya lembut ternyata memang seperti ini. Setelah hasil jadinya keluar, potongan-potongan putih telur yang kelihatannya matang tadi tidak akan kelihatan kok. Memang cara membuat puding coklat yang lembut dan kenyal seperti resep dari barat tidak mudah. tetapi dibawah kita berikan tips dan tips kok.

Bahan-bahan Resep Puding Coklat Lembut dan Kenyal

  • 1 bungkus yang ukuran 7 gr bubuk agar-agar. Bisa plain atau coklat.
  • 15 gr coklat bubuk kualitas bagus.
  • 2 sendok teh espresso bubuk instan.
  • gula pasir putih kurang lebih 35 gr.
  • santan asli 400 ml atau juga bisa menggunakan susu putih cream.
  • 4 putih telur ayam ukuran sedang besar.
  • garam dapur beryodium sekitar 1/8 sdt
  • gula kastor atau gula halus sekitar 60 gr.
  • Santan kental yang sudah direbus atau krim untuk topping atau saat disajikan nantinya.

Cara Membuat Puding Coklat Supaya Kenyal dan Lembut

  1. Pertama bilas cetakan puding dengan air bersih. Tinggalkan dan letakkan dengan posisi terbalik di rak piring supaya kering. Ingat tidak perli dilap dengan lap kering. Soalnya air akan mencegah puding coklatnya nanti melekat di cetakan pudingnya.
  2. Campur agar agar bubuk bersama dengan coklat bubuk, bubuk espresso, gula pasir dan santan atau susunya kedalam panci kecil.
  3. Masak di atas api sedang, aduk untuk melarutkan bahan kering, kemudian didihkan dengan api besar. Matikan api.
  4. Selanjutnya putih Kocok telur dengan mixer dan atur dengan kecepatan sedang saja sampai mengembang dan berbusa.
  5. Tuang garam dapur dan gula halus atau gula bubuknya. Terus nyalakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai benar benar lembut dan mengembang besar seperti menggunung.
  6. Kurangi kecepatan mixer sampai di titik paling kecil dan tuangkan campuran agar-agar di aliran. Kocok hingga semua bahan terganung dan tercampur rata, kalau perlu sisihkan dari sisi bila diperlukan.
  7. Selanjutnya segera tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dikeringkan tadi (supaya agarnya mengental jauh lebih cepat daripada bagian gelatinnya).
  8. Diamkan dan dinginkan pada suhu kamar supaya mengental dan membeku puding coklatnya selama sekitar 30 menit.
  9. Setelah mengental, tutup cetakan resep puding coklatnya dengan bungkus plastik di bagian atasnya dan simpan di lemari pendingin.

Silahkan Coba Juga Tips Cara Membuat Bownies Coklat Beserta Resepnya

Setelah cukup dingin, keluarkan puding coklat lembutnya dari cetakan. Tips untuk mengeluarkan puding dari cetakannya adalah dengan kain atau handuk hangat. Basahi kain dengan air panas kemudian gosokkan di sekitar cetakan pudingnya supaya tidak menempel. Buang tutup plasti di bagian atas cetakannya kemudian balikkan diatas piring ukuran besar. Setelah itu potong sesuai selera dan letakkan di atas piring kecil. Jangan lupa beri topping bagian atas resep puding coklatnya dengan topping santan kental atau cream sesuai selera.

Sumber resep : Resep Cara Membuat Puding Coklat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s