Resep Putu Mayang Petulo Hijau Saus Santan Nikmat Dan Sederhana

Jajanan khas tradisional resep putu mayang petulo ijo mudah dan praktis cara membuatnya. Hampir aja kelewatan even cooking lagi di bulan ini. Jadi milir kenapa ya kok aku demen banget berSKS ria (sudah seperti anak kuliahan aja yang mau ujian semesteran). Buat host bulan ini mbak Ifah, maaf ya mbak aku hampir telat setor resep cemilan sederhana ini. Walaupun waktunya sangat mepet, semoga berkenan dengan resep putu mayang petulo hijauku ini. Tenang saja, walaupun agak terburu-buru, resep dessert tradisional ini rasanya bisa dipertanggung jawabkan kok. Dan pastinya bisa membuat ketagihan.

Resep putu mayang petulo hijau ini termasuk salah satu resep dessert tradisional. Walaupun sekarang sudah banyak yang melupakannya. Untuk itu kita harus dan wajib ikut serta melestarikannya. Ya dengan even event seperti ini sehingga lebih banyak orang yang tertarik dan akhirnya menyukainya. Seperti resep hidangan penutup atau jajanan tradisional pada umumnya, cara membuat putu mayang hijau ini sangat mudah, praktis dan sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sedikit sekali. Selain itu juga mudah didapat dan dibeli di warung warung atau toko kelontong sekitar rumah.

resep putu mayangSebenarnya maksud hati untuk membuat putu mayang yang biasanya. Model yang seperti dijual di pasar pasar tradisional pada umumnya. Tetapi apa daya nggak punya cetakan untuk membuat resep putu mayang yang biasanya. Tapi kata orang orang sih masih banyak jalan menuju Roma bukan. Jadi walaupun nggak berbentuk seperti aslinya, yang penting rasa resep putu mayang petulo hijau dengan saus santan ini tetep mantap dan mengundang selera. Langsung cek aja ya bahan bahan untuk membuat cemilan khas tradisional ini dibawah ya.

Bahan bahan untuk membuat resep putu mayang petulo hijau sederhana

  • Bahan utama adalah 250 gram tepung beras yang sudah diayak halus.
  • 1 sampai 2 sendok teh garam dapur beryodium.
  • Kurang lebih 550 cc air mendidih.
  • Pewarna hijau dan merah sesuai selera.

Bahan untuk membuat Saus Santan:

  • 500 cc santan diambil dari 1 butir kelapa (aku pake 200 ml santan instan kaleng plus sisanya air).
  • 200 gr gula merah, iris dan sisir halus.
  • 1/4 sdt garam.
  • 2 lbr daun pandan

Cara membuat putu mayang tradisional

  1. Pertama alasi sarangan dandang dengan serbet bersih, letakkan tepung beras kering, kukus kira kira satu jam kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya seduh tepung beras dengan air mendidih, beri garam lalu aduk rata kemudian dinginkan.
  3. Sesudah dingin uleni sampai halus. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing2 putih, hijau, merah (aku buat cuma merah dan hijau).
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang, tekan keluar hingga sesuai bentuk yang di inginkan (aku bentuk bulat2 kecil aja).
  5. Selanjutnya kukus kira kira 25 menit sampai matang. Hidangkan dengan saus.

Cara Membuat saus santannya

  1. Rebus santan, gula merah, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Angkat dan siap disajikan.

Setelah selesai semua bahannya dibuat, sekarang tinggal penyajiannya. Tuang putu mayangnye di gelas atau mangkuk kemudian tuang dengan saus santan yang sudah dingin. Cukup mudah bukan ternyata cara membuat putu mayang petulo khas jajanan tradisional ini. Untuk ide resep sederhana seperti resep putu mayang petulo ijo ini, silahkan coba resep pepes tempe atau cara membuat puding coklat lembut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s