Resep Cantik Manis Hijau Kue Basah Tradisional

Resep Cantik Manis Hijau, Resep Kue Basah Tradisional Yang Mnais, Legit dan Empuk Serta Mudah Cara Membuatnya. Baru tahu kalo ternyata salah satu kue tradisional jajan pasar kegemaran eyang putri saya itu namanya centik manis atau bisa disebut juga kue cantik manis hijau. Sempat beberapa kali waktu ke toko kue Le Gourmet, mama beliin kue basah yang enak dan lezat ini buat eyang putri kesayangaan kami sekeluarga. Setelah sampai di rumah ternyata beliau senang banget sekali begitu mengetahui ada kue basah satu ini. Padahal kelihatan dari tampilan luarnya sih cara membuat resep kue cantik manis hijau ini cukup mudah dan gampang.

Eyang memang suka sekali dengan resep kue basah satu ini. Terus makannya sepertinya enak banget dan di-eman-emaaan atau pelan-pelan gitu. Jadi terharu melihatnya dan akhirnya berjanji dalah hati kalau mau membuatkan resep cantik manis hijau ini sendiri di rumah. Waktu kemarin lagi belanja ke supermarket dekat rumah bareng mama sama eyang putri, enggak sengaja lihat ada pacar cina. Akhirnya jadi teringat sama kue jajan pasar tradisional kegemaran eyang itu. Akhirnya jadi kepingin bikin resep kue cantik manis sendiri deh di rumah dan beli pacar cina tadi.

Setelah sampai rumah terus browsing resep cantik manis hijau ini di internet. Wah ternyata banyak bertaburan dimana-mana aneka resep kue basah satu ini. Liat bahan-bahan yang dibutuhkan dan wah ternyata pakai tepung hungkwe untuk membuatnya. Kebetulan sekali masih punya sisa tepung hungkwe di rumah dan bingung sebelumnya mau dibikin apa. Cocok deh kalau begitu. Karena ternyata tepung hungkwe-nya ditimbang cuman ada 50 gr, jadi resep kue cantik manis nya juga aku sesuaikan komposisi bahan lainnya.

Daripada berlama-lama yuk kita coba bikin resep kue cantik manis hiaju spesial menggunakan resep kue basah rahasia eyang putri ku ini. Bahan untuk membuat resep cantik manis ini simpel dan mudah dibeli kok. Harga bahan untuk membuatnya juga sangat terjangkau alias murah meriah. Yang paling penting buat ku sih cara membuat kue cantik manis hijau ini sangat mudah. Tinggal mencampur bahan-bahan yang sudah disiapkan, jadilah kue basah tradisional yang lezat dan enak. Langsung kebawah ya teman teman detail bahan dan resepnya.

resep cantik manis hijau

resep cantik manis hijau enak

Bahan untuk membuat resep cantik manis hijau

  1. 35 gram pacar cina atau juga bisa memakai tapioca pearl.
  2. 2 lembar daun pandan untuk warna hijaunya.
  3. 550 ml santan yang berasal dari 1 butir kelapa (atau 100 ml Kara + 450 ml air).
  4. 80 gr gula pasir (saya tambahin gulanya supaya lebih manis dan enak).
  5. 50 gr tepung hungkwe.
  6. 1/2 sdt garam atau sesuai selera.

Cara Membuat Cantik Manis Hijau Mudah dan Sederhana

  1. Pertama rebus pacar cina dalam air mendidih hingga matang dan bening.
  2. Setelah itu angkat. Saring dan masukkan ke dalam wadah berisi air dingin. Tiriskan pacan cina dan sisihkan.
  3. Setelah itu rebus santan bersama dengan gula pasir, tepung hungkwe, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
  4. Tambahkan dan masukkan pacar cina tadi lalu aduk rata.
  5. Setelah rata dan masih dalam keadaan panas kemudian ambil secukupnya dan letakkan ke atas selembar plastik. Jangan lupa beri sepotong kecil daun pandan diatas plastik tersebut.
  6. Setelah itu lipat dan bungkus plastik dengan rapi.
  7. Kalau tidak ada plasti bisa juga menggunakan cetakan dan dituang ke dalam cetakan agar-agar kecil. Terakhir dinginkan kue cantik manis hijau tadi hingga mengeras.

Selesai dan ternyata memang tidak sulit cara membuat kue cantik manis ini. Simpel dan gampang lah pokoknya. Bahan untuk resep cantik manis hijau ini juga udah didapat. Jangan lupa coba resep ku lainnya ya, seperti resep puding coklat atau resep brownies kukus kami.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s