Resep Putu Mayang Petulo Hijau Saus Santan Nikmat Dan Sederhana

Jajanan khas tradisional resep putu mayang petulo ijo mudah dan praktis cara membuatnya. Hampir aja kelewatan even cooking lagi di bulan ini. Jadi milir kenapa ya kok aku demen banget berSKS ria (sudah seperti anak kuliahan aja yang mau ujian semesteran). Buat host bulan ini mbak Ifah, maaf ya mbak aku hampir telat setor resep cemilan sederhana ini. Walaupun waktunya sangat mepet, semoga berkenan dengan resep putu mayang petulo hijauku ini. Tenang saja, walaupun agak terburu-buru, resep dessert tradisional ini rasanya bisa dipertanggung jawabkan kok. Dan pastinya bisa membuat ketagihan.

Resep putu mayang petulo hijau ini termasuk salah satu resep dessert tradisional. Walaupun sekarang sudah banyak yang melupakannya. Untuk itu kita harus dan wajib ikut serta melestarikannya. Ya dengan even event seperti ini sehingga lebih banyak orang yang tertarik dan akhirnya menyukainya. Seperti resep hidangan penutup atau jajanan tradisional pada umumnya, cara membuat putu mayang hijau ini sangat mudah, praktis dan sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sedikit sekali. Selain itu juga mudah didapat dan dibeli di warung warung atau toko kelontong sekitar rumah.

resep putu mayangSebenarnya maksud hati untuk membuat putu mayang yang biasanya. Model yang seperti dijual di pasar pasar tradisional pada umumnya. Tetapi apa daya nggak punya cetakan untuk membuat resep putu mayang yang biasanya. Tapi kata orang orang sih masih banyak jalan menuju Roma bukan. Jadi walaupun nggak berbentuk seperti aslinya, yang penting rasa resep putu mayang petulo hijau dengan saus santan ini tetep mantap dan mengundang selera. Langsung cek aja ya bahan bahan untuk membuat cemilan khas tradisional ini dibawah ya.

Bahan bahan untuk membuat resep putu mayang petulo hijau sederhana

  • Bahan utama adalah 250 gram tepung beras yang sudah diayak halus.
  • 1 sampai 2 sendok teh garam dapur beryodium.
  • Kurang lebih 550 cc air mendidih.
  • Pewarna hijau dan merah sesuai selera.

Bahan untuk membuat Saus Santan:

  • 500 cc santan diambil dari 1 butir kelapa (aku pake 200 ml santan instan kaleng plus sisanya air).
  • 200 gr gula merah, iris dan sisir halus.
  • 1/4 sdt garam.
  • 2 lbr daun pandan

Cara membuat putu mayang tradisional

  1. Pertama alasi sarangan dandang dengan serbet bersih, letakkan tepung beras kering, kukus kira kira satu jam kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya seduh tepung beras dengan air mendidih, beri garam lalu aduk rata kemudian dinginkan.
  3. Sesudah dingin uleni sampai halus. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing2 putih, hijau, merah (aku buat cuma merah dan hijau).
  4. Masukkan adonan ke dalam cetakan putu mayang, tekan keluar hingga sesuai bentuk yang di inginkan (aku bentuk bulat2 kecil aja).
  5. Selanjutnya kukus kira kira 25 menit sampai matang. Hidangkan dengan saus.

Cara Membuat saus santannya

  1. Rebus santan, gula merah, garam dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Angkat dan siap disajikan.

Setelah selesai semua bahannya dibuat, sekarang tinggal penyajiannya. Tuang putu mayangnye di gelas atau mangkuk kemudian tuang dengan saus santan yang sudah dingin. Cukup mudah bukan ternyata cara membuat putu mayang petulo khas jajanan tradisional ini. Untuk ide resep sederhana seperti resep putu mayang petulo ijo ini, silahkan coba resep pepes tempe atau cara membuat puding coklat lembut.

Iklan

Resep Cara Membuat Gemblong Ketan Yang Empuk dan Lezat

Resep gemblong ketan kelapa ini rasanya enak sekali pokoknya. walaupun kelihatannya jadul dan ketinggalan jaman, tetapi rasanya tidak kalah dengan jajanan modern yang ada. Keunikan tekstur dan rasanya ini yang membuat resep kue gemblong ini menimbulkan sensai yang berbeda. Sensasi waktu masa kecil jadi terulang kembali kalau makan kue gemblong ini. Cara membuat gemblong juga sangat mudah. Cara bikin kue gemblong yang empuk bisa dibilang sangat sederhana kalau dibandingkan dengan resep kue lainnya.

Walaupun cara membuat gemblong sangat mudah, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga lho. untuk membuat resep gemblong empuk dan enak, tepung ketan yang digunakan harus yang baru dan tidak apek. Selain itu yang harus diperhatikan adalah waktu menggoreng resep kue gemblong harus sangat hati-hati ya. Pakai api di wajan yang kecil saja. Soalnya kalau cara bikin gemblong dengan api gede nanti dijamin meledakk. Bukan menakuti lho, sudah kejadian di dapur saya. Gara-gara itu muka, leher, tangan saya bentol-bentol berwarna merah karena terkena cipratan minyak yang masih panas dari wajan. Yang penting alhamdulillah ternyata tidak ada yang sempet melepuh di tubuh ini.resep-gemblong

Bahan Untuk Membuat Resep Gemblong Yang Empuk

  1. Bahan Adonan Kue Gemblong :
  2. 250 gram tepung ketan yang baru.
  3. 150 ml santan yang masih hangat.
  4. 150 gram parutan kelapa yang setengah tua lalu parut panjang.
  5. 1/2 sendok teh garam beryodium.
  6. Secukupnya minyak untuk menggoreng gemblongnya.
  1. Bahan untuk membuat gula merah kering atau besta :
  2. 125 gram gula pasir putih.
  3. 175 ml air bersih.
  4. 100 gram gula merah kemudian sisir sampai halus.

Cara membuat gemblong supaya empuk

  1. Pertama ambil wadah adonan lalu campurkan kelapa parut panjang, tepung ketan dengan garam lalu aduk-aduk rata.
  2. Terus masukkan dan tuang santan hangatnya di wadah lalu uleni sampai adonan kalis.
  3. Selanjutnya ambil adonan gemblong ketan diatas secukupnya atau kurleb 30 gram lalu bentuk lonjong kemudian pipihkan dengan rapi. Ulangi saampai adonan habis.
  4. Selanjutnya goreng dan masak dalam minyak kondisi hangat sambil sesekali diaduk hingga matang dan kuning kecokelatan.
  5. Untuk membuat besta gula merah keringnya yaitu masak dan rebus semua bahan besta sambil diaduk-aduk sampai berambut.
  6. Setelah itu masukkan gemblong yang sudah digoreng lalu aduk dengan besta hingga kering dan merata.

Resep gemblong empuk diatas kira-kira jadinya sekitar kurang lebih sekitar 25 pcs kue gemblong spesial yang empuk dan mantap. Walaupun cara membuat gemblong nya sederhana, tetapi rasa kue gemblongnya sendiri enak sekali bukan. Manis dan legit diluar dan cruncy di bagian dalamnya. Selamat mencoba resep kue gemblong ketan diatas ya. Jangan lupa coba juga Resep Ayam Mentega Kecap dan Cara Membuat Puding Coklat nya ya.

Resep Puding Coklat Dan Tips supaya Lembut

Cara membuat resep puding coklat beserta tipsnya supaya lembut, enak dan lezat. Ada perbedaam pemahaman atau pengertian di negara kita mengenai arti puding sangat berbeda dengan pengertian puding coklat di barat. Sementara itu di resep luar negeri, resep puding hanya mencakup kue seperti ini, tapi jauh lebih ringan dan lebih lembut teksturnya. Di negara kita istilah ” kue puding coklat” biasanya hanya ditujukan kepada pada makanan penutup atau desert yang terbuat dari bubuk agar-agar. Atau kadang-kadang juga bubuk jelly, tapi tetap saja sebagian besar dari tepung jelly tersebut juga agar-agar.

resep-puding-coklatResep puding coklat yang satu ini mempunyai tekstur kenyal dan lembut. Teksturnya ini didapat dari putih telur kocok rata sehingga menimbulkan tekstur lembut kenyal. Untuk menambahkan campuran agar agar yang masih panas kedalam putih telur yang dimixer memang tidak mudah buat yang kurang pengalaman. Teman-teman tidak perlu panik ketika melihat potongan-potongan putih telur nya kelihatannya seperti matang. Cara membuat puding coklat supaya lembut ternyata memang seperti ini. Setelah hasil jadinya keluar, potongan-potongan putih telur yang kelihatannya matang tadi tidak akan kelihatan kok. Memang cara membuat puding coklat yang lembut dan kenyal seperti resep dari barat tidak mudah. tetapi dibawah kita berikan tips dan tips kok.

Bahan-bahan Resep Puding Coklat Lembut dan Kenyal

  • 1 bungkus yang ukuran 7 gr bubuk agar-agar. Bisa plain atau coklat.
  • 15 gr coklat bubuk kualitas bagus.
  • 2 sendok teh espresso bubuk instan.
  • gula pasir putih kurang lebih 35 gr.
  • santan asli 400 ml atau juga bisa menggunakan susu putih cream.
  • 4 putih telur ayam ukuran sedang besar.
  • garam dapur beryodium sekitar 1/8 sdt
  • gula kastor atau gula halus sekitar 60 gr.
  • Santan kental yang sudah direbus atau krim untuk topping atau saat disajikan nantinya.

Cara Membuat Puding Coklat Supaya Kenyal dan Lembut

  1. Pertama bilas cetakan puding dengan air bersih. Tinggalkan dan letakkan dengan posisi terbalik di rak piring supaya kering. Ingat tidak perli dilap dengan lap kering. Soalnya air akan mencegah puding coklatnya nanti melekat di cetakan pudingnya.
  2. Campur agar agar bubuk bersama dengan coklat bubuk, bubuk espresso, gula pasir dan santan atau susunya kedalam panci kecil.
  3. Masak di atas api sedang, aduk untuk melarutkan bahan kering, kemudian didihkan dengan api besar. Matikan api.
  4. Selanjutnya putih Kocok telur dengan mixer dan atur dengan kecepatan sedang saja sampai mengembang dan berbusa.
  5. Tuang garam dapur dan gula halus atau gula bubuknya. Terus nyalakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai benar benar lembut dan mengembang besar seperti menggunung.
  6. Kurangi kecepatan mixer sampai di titik paling kecil dan tuangkan campuran agar-agar di aliran. Kocok hingga semua bahan terganung dan tercampur rata, kalau perlu sisihkan dari sisi bila diperlukan.
  7. Selanjutnya segera tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dikeringkan tadi (supaya agarnya mengental jauh lebih cepat daripada bagian gelatinnya).
  8. Diamkan dan dinginkan pada suhu kamar supaya mengental dan membeku puding coklatnya selama sekitar 30 menit.
  9. Setelah mengental, tutup cetakan resep puding coklatnya dengan bungkus plastik di bagian atasnya dan simpan di lemari pendingin.

Silahkan Coba Juga Tips Cara Membuat Bownies Coklat Beserta Resepnya

Setelah cukup dingin, keluarkan puding coklat lembutnya dari cetakan. Tips untuk mengeluarkan puding dari cetakannya adalah dengan kain atau handuk hangat. Basahi kain dengan air panas kemudian gosokkan di sekitar cetakan pudingnya supaya tidak menempel. Buang tutup plasti di bagian atas cetakannya kemudian balikkan diatas piring ukuran besar. Setelah itu potong sesuai selera dan letakkan di atas piring kecil. Jangan lupa beri topping bagian atas resep puding coklatnya dengan topping santan kental atau cream sesuai selera.

Sumber resep : Resep Cara Membuat Puding Coklat

Resep Brownies Kukus Coklat Dan Keju Yummy

Cara Membuat Resep Brownies Kukus Dengan Coklat Dan Keju Yummy Sederhana. Lagi libur tapi kayaknya males banget keluar rumah. Kerjaan di rumah banyak sekali. Anak-anak pada main dari tadi pagi dan sekarang nonton kartun kesukaan mereka. Langsung ditinggal saja mainannya tanpa mau dibereskan sendiri. Nasib-nasib, tapi ya memang begitulah anak-anak. Walaupun merepotkan, tetapi tetap saja gak bisa jauh-jauh dari mereka. Selalu ada kangaen yang berat kalau mereka pergi walalu sebentar. Melihat mereka asyik nonton kartun, tiba-tiba punya ide untuk membuat resep kue sesuatu yang mereka sukai. Setelah mikir-mikir sambil beres-beres rumah, kayaknya bikin brownie kukus coklat pas banget nih. Apalagi resep brownies kukus coklat ini mudah bikinnya dan yang pasti disukai oleh anak-anak.

Setelah beres-beres langsung cek bahan-bahan resep brownies coklat ini masih ada gak di kulkas. Soda kue masih, coklat blok batangan juga masih, susu cokla bubuk juga masih ready. Tinggal telor ayamnya yang ternyata tinggal 2 di kulkas. Lupa tadi pagi kita semua sarapan dengan nasi goreng spesial telur orek. Ya sudahlah, terpaksa minta tolong ayah ke warung terdekat untuk membeli telur ayam 1/2 kg saja. Saya sekeluarga memang tidak suka menyetok bahan makanan yang cepat bau terlalu banyak. Soalnya biasanya banyak yang bau dan akhirnya mubadzir karena enggak kepakai dan kebuang percuma.

resep-brownies-kukus-coklatSetelah browsing di mbah Google sana-sini akhirnya nemu resep brownies kukus dari bunda Azka yang kayaknya mudah sekali cara membuatnya. Bahan-bahan browniesnya pun kelihatannya tidak terlalu banyak dan simpel. Yang paling penting tidak perlu dioven karena memang diriku tidak punya oven (lah jelslah namanya saja brownies kukus 🙂 ). Tingal aduk-aduk bahan nya jadilah resep brownies kukus coklat. Oh ya coklat batangannya bisa pakai merek yang bunda suka atau yang ada stok di rumah saja ya. Biar lengkap diatasnya aku pakai parutan keju secukupnya. Tapi tanpa keju pun sebenarnya sudah enak dan empuk kok.

Sumber resep brownies kukus, aku modifikasi dengan parutan keju.

Bahan Resep Brownis Kukus Sederhana

Tepung terigu segita biru kira-kira 1.5 gelas belimbing atau kalau ditimbang kira-kira 200 gram an lah.
Coklat blok 1 batang, merek suka-suka saja. Kira-kira beratnya 1/4 kg an lah 1 batangnya.
Susu coklat sachetan 3 bungkus saja.
Minyak goreng kitra-kira 0.5 gelas belimbing.
Telur ayam 4 pcs.
Soda kue kira-kira 1 sendok makan. Jangan terlalu munjung ya nanti agak pahit.
Gula pasir kira-kira 1 gelas belimbing. Bisa ditambah, tapi jangan terlalu banyak ya.
Parutan keju secukupnya sesuai selera.
Butter cream buat olesan atasnya. Kalau enggak pakai parutan keju skip aja.
Margarin sedikit saja buat olesan loyangnya.

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat dan Kejunya

Ambil 1 gelas air hangat-hangat kuku dan masukkan semua susu sachetnya dan aduk-aduk sampai rata.
Campur coklat batangannya dengan minyak lalu panaskan dan aduk sampai tercampur rata setelah itu dinginkan.
Mixer telur ayam dengan gula pasirnya sampai mengembang. Aduk pake mixer kurang lebih selama 15 menit.
Tuang soda kue dan tepung segita birunya lalu aduk-aduk lagi pakai spatula sampai rata.
Masukkan susu coklat dan aduk-aduk.
Masukkan coklat batangan yang sudah dicampur minyak tadi lalu aduk-aduk sampai benar-benar rata.
Panaskan kukusan. Aku pakai kukusan yang ukurannya 3 liter.
Olesi loyang pakai sedikit margarin supaya tidak lengket. Tidak perlu pakai tepung lagi. Aku pakai loyang ukuran 20 cm x 7 cm.
Tuang adonan brownies kukusnya kemudian masukkan kedalam kukusan. Tutupi pakai tutup dengan alasan kain ya.
Masak sampai matang. Tusuk lidi kedalamnya, kalau gak nempel berarti sudah matang brownis kukusnya.
Angkat dan keluarkan dari loyang.
Kasih butter cream dan tuang parutan kejunya.

Siap deh buat santapan anak-anak dan ayam di rumah. Praktis dan tentu hemat di kantong daripada beli di toko roti langgangan. Kalau mau dipanggang di oven juga bisa tapi susu sachetnya diganti dengan susu bubuk kurang lebih 100 gram saja. Buat yang suka masakan sederhana kukusan, coba juga yuk Resep Kue Mie Mangkuk kukusnya.