Resep Mie Ayam Kecap Rumahan Enak Sederhana

Resep Mie Ayam Kecap Spesial dan Cara Memasaknya Mudah dan Sederhana. Anak-anak dan suami mau makan mie ayam tapi lagi malas banget keluar rumah. Akhirnya punya ide untuk membuat resep mie ayam sendiri di rumah tapi juga lagi malas buat yg rumit rumit. Tetapi karena anak-anak pada protes semua, akhirnya dengan berat hati buat juga mie ayam yang gampang dan mudah saja. Karena resep mie yang biasaanya aku buat butuh banyak bahan dan bumbu mie ayamnya, akhirnya aku modifikasi saja. Disesuaikan dengan stok bahan dan mie yang ada di rumah. Yang penting pas bumbu bawang dan bumbu mie ayam lainnya.

Setelah melihat stok bahan di rumah, alhamdulillah ternyata masih ada beberapa potong pentol bakso yang kemarin buat sendiri. Masih ada juga beberapa tulang ayam untuk dibuat kuah mie ayamnya. Sayuran sawi dan bayam juga masih ada beberapa potong. Sebenarnya resep mie ayam kecap ini buat nya asal asalan tetapi ternyata komentar anak-anak enak juga katanya. Alhamdulillah, setelah sebelumnya malas, tetapi kalau mereka suka akhirnya jadi senang juga dan jadi resep masakan sederhana andalan yang baru. Komposisi bahan dan bumbu mie ayam dibawah sesuaikan saja dengan selera masing-masing ya. Aku soalnya gak pakai takaran.resep-mie-ayam

Bahan-bahan Resep Mie Ayam Kecap Rumahan Sederhana

  1. Mie keriting.
  2. Kulit ayam (Minyak ayam).
  3. Beberapa potong atau butir Bawang putih iris (Minyak ayam).

Bahan Untuk membuat Kuah Mie Ayamnya :

  1. Air bersih secukupnya.
  2. 2 bawang putih ukuran sedang. Kupas lalu geprek atau memarkan.
  3. Garam dapur beryodium secukupnya.
  4. Lada bubuk secukupnya.
  5. Sayuran Sawi segar atau bisa juga pakai bayam beberapa potong.
  6. Tulang ayam ( kulit ayam dan daging ayamnya dipakai untuk minyak ayam dan ayam kecapnya).
  7. Pentol Bakso sapi buatan sendiri beberapa pcs.

Bahan Untuk Membuat Ayam Kecap nya :

  1. Dada ayam segar dicuci bersih kemudian potong dadu kecil.
  2. Bawang putih secukupnya lalu geprek.
  3. Kecap manis kental secukupnya sesuai selera.
  4. Daun bawang rajang secukupnya.
  5. Garam dapur beryodium secukupnya.
  6. Lada putih halus secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Mie Ayam Kecap Sederhana dan Mudah

  1. Pertama hidupkan kompor dan panaskan pan kemudian tumis bawang putih dan kulit ayam sampai tercium harum dan keluar minyak kemudian sisihkan.
  2. Berikutnya siapkan wajan dan rebus air secukupnya.
  3. Setelah mendidih masukkan bawang putih keprek bersama dengan tulang ayam, garam dapur, lada bubuk, pentol bakso kemduain aduk-aduk sampai rata.
  4. Setelah beberapa saat masukkan potong sayurna sawi atau bayamnya kemudian angkat.
  5. Sekarang kita buat ayam kecapnya. Tumis bawang putih bersama dengan potongan dadu ayamnyalalu aduk-aduk.
  6. Kalau sudah tercium wangi dan semua bahan matang, lalu tuang dan beri kecap manis agak banyakan bersama dengan garam dapur dan lada halus.
  7. Setelah itu masukkan rajangan daun bawang keatas wajan diatas dan campur rata. Masak beberapa saat dan biarkan kuah mengental kemudian angkat.
  8. Setelah semua selesai rebus mie keritingnya sampai lunak kemudian saring dari air rebusannya.
  9. Setelah itu campur dan masukkan kedalam minyak ayam dan aduk-aduk sampai rata.

Setelah semua bahan resep mie ayam kecap nya selesai lalu sajikan mie di alam mangkuk. Setelah itu beri bagian atasnya dengan topping ayam kecap, beberapa bakso dan beberapa lembar sayuran bayam atau sawi. Setelah itu untuk pelengkapnya beri taburan bawang goreng diatasnya. Untuk kuah mie ayam nya bisa disajikan di mangkuk kecil terpisah. Supaya lebih nikmat beri beberpa tetes saus sambal dan kecap manis kalau suka. Cukup mudah bukan cara membuat resep mie ayam kecap rumahan di atas. Untu ide resep masakan lainnya, silahkan coba Resep Brownies Kukus atau Resep Ayam Mentega Kecapnya.

Tinggalkan komentar