Resep Brownies Kukus Coklat Dan Keju Yummy

Cara Membuat Resep Brownies Kukus Dengan Coklat Dan Keju Yummy Sederhana. Lagi libur tapi kayaknya males banget keluar rumah. Kerjaan di rumah banyak sekali. Anak-anak pada main dari tadi pagi dan sekarang nonton kartun kesukaan mereka. Langsung ditinggal saja mainannya tanpa mau dibereskan sendiri. Nasib-nasib, tapi ya memang begitulah anak-anak. Walaupun merepotkan, tetapi tetap saja gak bisa jauh-jauh dari mereka. Selalu ada kangaen yang berat kalau mereka pergi walalu sebentar. Melihat mereka asyik nonton kartun, tiba-tiba punya ide untuk membuat resep kue sesuatu yang mereka sukai. Setelah mikir-mikir sambil beres-beres rumah, kayaknya bikin brownie kukus coklat pas banget nih. Apalagi resep brownies kukus coklat ini mudah bikinnya dan yang pasti disukai oleh anak-anak.

Setelah beres-beres langsung cek bahan-bahan resep brownies coklat ini masih ada gak di kulkas. Soda kue masih, coklat blok batangan juga masih, susu cokla bubuk juga masih ready. Tinggal telor ayamnya yang ternyata tinggal 2 di kulkas. Lupa tadi pagi kita semua sarapan dengan nasi goreng spesial telur orek. Ya sudahlah, terpaksa minta tolong ayah ke warung terdekat untuk membeli telur ayam 1/2 kg saja. Saya sekeluarga memang tidak suka menyetok bahan makanan yang cepat bau terlalu banyak. Soalnya biasanya banyak yang bau dan akhirnya mubadzir karena enggak kepakai dan kebuang percuma.

resep-brownies-kukus-coklatSetelah browsing di mbah Google sana-sini akhirnya nemu resep brownies kukus dari bunda Azka yang kayaknya mudah sekali cara membuatnya. Bahan-bahan browniesnya pun kelihatannya tidak terlalu banyak dan simpel. Yang paling penting tidak perlu dioven karena memang diriku tidak punya oven (lah jelslah namanya saja brownies kukus 🙂 ). Tingal aduk-aduk bahan nya jadilah resep brownies kukus coklat. Oh ya coklat batangannya bisa pakai merek yang bunda suka atau yang ada stok di rumah saja ya. Biar lengkap diatasnya aku pakai parutan keju secukupnya. Tapi tanpa keju pun sebenarnya sudah enak dan empuk kok.

Sumber resep brownies kukus, aku modifikasi dengan parutan keju.

Bahan Resep Brownis Kukus Sederhana

Tepung terigu segita biru kira-kira 1.5 gelas belimbing atau kalau ditimbang kira-kira 200 gram an lah.
Coklat blok 1 batang, merek suka-suka saja. Kira-kira beratnya 1/4 kg an lah 1 batangnya.
Susu coklat sachetan 3 bungkus saja.
Minyak goreng kitra-kira 0.5 gelas belimbing.
Telur ayam 4 pcs.
Soda kue kira-kira 1 sendok makan. Jangan terlalu munjung ya nanti agak pahit.
Gula pasir kira-kira 1 gelas belimbing. Bisa ditambah, tapi jangan terlalu banyak ya.
Parutan keju secukupnya sesuai selera.
Butter cream buat olesan atasnya. Kalau enggak pakai parutan keju skip aja.
Margarin sedikit saja buat olesan loyangnya.

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat dan Kejunya

Ambil 1 gelas air hangat-hangat kuku dan masukkan semua susu sachetnya dan aduk-aduk sampai rata.
Campur coklat batangannya dengan minyak lalu panaskan dan aduk sampai tercampur rata setelah itu dinginkan.
Mixer telur ayam dengan gula pasirnya sampai mengembang. Aduk pake mixer kurang lebih selama 15 menit.
Tuang soda kue dan tepung segita birunya lalu aduk-aduk lagi pakai spatula sampai rata.
Masukkan susu coklat dan aduk-aduk.
Masukkan coklat batangan yang sudah dicampur minyak tadi lalu aduk-aduk sampai benar-benar rata.
Panaskan kukusan. Aku pakai kukusan yang ukurannya 3 liter.
Olesi loyang pakai sedikit margarin supaya tidak lengket. Tidak perlu pakai tepung lagi. Aku pakai loyang ukuran 20 cm x 7 cm.
Tuang adonan brownies kukusnya kemudian masukkan kedalam kukusan. Tutupi pakai tutup dengan alasan kain ya.
Masak sampai matang. Tusuk lidi kedalamnya, kalau gak nempel berarti sudah matang brownis kukusnya.
Angkat dan keluarkan dari loyang.
Kasih butter cream dan tuang parutan kejunya.

Siap deh buat santapan anak-anak dan ayam di rumah. Praktis dan tentu hemat di kantong daripada beli di toko roti langgangan. Kalau mau dipanggang di oven juga bisa tapi susu sachetnya diganti dengan susu bubuk kurang lebih 100 gram saja. Buat yang suka masakan sederhana kukusan, coba juga yuk Resep Kue Mie Mangkuk kukusnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s