Cara Membuat Resep Rujak Kuah Pindang Gula Buah Khas Bali

Resep Rujak Kuah Pindang Gula Buah Khas Bali Sensasional dan Cara Membuatnya. Sampai juga di even bergengsi cooking bulan Mei yang digawangi oleh Jeng Elsye. Kalau teman-teman ikutan masih ada waktu sampai pendaftaran ditutup oleh beliau. Even kali ini temanya juga keren dan banget banget yaitu makanan dan minuman favoritmu. Kalau ngomongin masalah makanan dan minuman favorit kebetulan aku punya banyak banget resep masakan dan resep minuman favoritku. Tetapi untuk event ini aku pengen mengeluarkan menu favoritku yang ini soalnya yang ini sedikit beda dan kontroversial dari yang lainnya. Namanya resep rujak kuah pindang. Sebenarnya resep rujak buah ini berasal dari pulau Bali yang surganya laut dan wisatawan. tetapi karena rasanya unik dan enak banget makanya resep rujak ini menjadi kegemaranku.

Kenapa bisa dibilang kontroversial, kan cuma resep rujak buah aja. Tapi yang resep rujak kuah pindang gula ini rada lain dan khas ala Bali. Kata orang ini jenis makanan yang either kamu suka banget atau benci banget. Biasanya yang suka sama rujak buah ini cuma orang dan warga Bali asli saj. Tetapi walaupun aku sebenarnya bukan orang Bali asli tetapi aku besar di Bali dari umur 5 tahun sampai 25 thn. Jadi aku anggap aja aku juga termasuk orang Balilah. Makanya aku juga menyukai rujak buah dengan rebusan ikan pindang ini.

Yang aneh bahkan ibuku pun amit amit deh katanya sama rujak buah jenis ini. Memang ada apa sih dengan rujak kuah pindang satu ini? Soalnya kuahnya itu lho dibuat dari kuah rebusan ikan pindang. Thau sendiri kan kuah rebusan ikan pindang itu baunya agak menyengat dengan rasa dan aroma yang khas banget. Tapi walaupun begitu menurut aku setelah dicampur dengan bumbu rujak yang lainnya, sensasi dan citarasa perpaduan resep rujak kuah pindang ini rasanya tiada duanya deh. Rasa asem, asin, pedas, manis semuanya campur menjadi satu citarasa yang sensasional banget.

Walaupun enggak semua orang suka, tetapi wajib dicoba lho. Kamu harus coba sendiri untuk mengetahui apakah resep rujak buah ini bakal jadi favoritmu atau enggak. Kalau buat aku sih resep rujak kuah pindang ini favoritku banget. Air rebusan ikan pindang bisa dibeli secara mudah di Bali tapi buat kita2 yang susah belinya, seperti aku nih juga bisa buat sendiri gampang kok. Yuk kita coba buat, bahan dan cara membuat rujak kuah pindang gula khas Bali ini ada dibawah ya.resep rujak kuah pindang

Bahan Untuk Membuat Air Rebusan Ikan Pindang

  • 500 gram Ikan kembung (Indian Mackerel atau jenis Mackerel yang lain juga boleh).
  • 5 sendok makan garam butiran kasar.
  • 2 sendok makan asam jawa.
  • 4 siung bawang putih.
  • 1.5 liter air.

Cara Membuat Kuah Pindang

  1. Rebus semua bahan sampai ikan matang kemudian dinginkan air rebusannya sebelum digunakan.
  2. Sisa ikannya rebusannya bisa digoreng untuk lauk pauk sehari-hari.

Bahan Rujak Kuah Pindang

  • Buah buahan segar yang jadi favoritmu seperti mangga, nanas, timun, bengukuang, jambu air dll. Di Bali sendiri rujak kuah pindang gula ini lumrahnya memakai mangga muda yang masih mengkal. Tapi kalau susah nyarinya bisa diganti dengan buah lain sesuai selera.
  • 3 cabe merah kecil (tau lebih sesuai selera).
  • 1/2 sdt terasi bakar.
  • 1 sdm gula merah.
  • 150 ml air rebusan ikan pindang.

Cara Membuat Rujak Buah Kuah Pindang

  1. Pertama kupas dan iris iris buah sesuai selera.
  2. Ulek jadi satu bahan diatas seperti terasi, gula merah dan cabe.
  3. Masukkan air rebusan ikan pindang, aduk rata.
  4. Siramkan diatas irisan buah dan rujak buah pindang khas Bali siap disajikan.

Gampang dan mudah bukan cara membuat rujak kuah pindang gula khas Bali ini. Rasanya mantap dan sensasinya beda dengan resep rujak buah yang lainnya bukan. Selain dimakan langsung, resep rujak kuah pindang ini mantap juga lho dimakan pakai kerupuk. Untuk ide resep unik dan enak lainnya, silahkan coba resep pepes tempe dan resep puding coklat lembut dan enak.

Iklan